Sabtu, 03 Maret 2012

APAKAH BLOG ?

Apa sebetulnya blog itu? Kalau anda ketikkan kata kunci “arti blog” di search engine akan sangat banyak definisi yang bermunculan. Misalnya Wikipedia mendefiniskan “blog sebagai aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.”
Selain definisi menurut Wikipedia di atas, banyak definisi blog lainnya. Perbedaan definisi ini tentu sangat wajar. Sebab, setiap orang bebas untuk menyampaikan pendapatnya. Kalau saya amati, biasanya antar definisi hanya berbeda pada penekanannya saja.
Istilah blog sendiri berasal dari “web log” yang artinya buku catatan (diari) online. Ya betul-betul seperti buku harian! Karena pada awalnya, banyak yang menggunakan blog untuk menuangkan pengalaman pribadinya selama ini di sana.
Blog semakin populer. Pada November 2005, Google mendapatkan 475 juta hasil pencarian atas kata kunci (keyword) “blog”. Tahun 2009 ini, anda akan menemukan 3milyar hasil untuk keyword yang sama. Pada tahun 2005, blog directory technorati mencatat lebih dari 21 juta blog telah dibuat oleh manusia. Lalu bagaimana dengan sekarang? Saat ini, blog yang ada telah mencapai lebih dari 200 juta!! Wow… kira-kira kalau sekarang udah berapa banyak blog ya..?
Mengapa Orang Membaca Blog? Kuncinya sederhana… Orang suka membaca blog! Benar, keberadaan blog mampu menggeser kedudukan media massa. Bagaimana tidak? Setiap kali kita browsing di search engine, tak jarang informasi detil yang kita cari justru didapatkan dari sebuah blog. Bukan di portal berita, juga bukan dari ensiklopedia. Ditambah lagi, search engine itu lebih suka menampilkan blog dibanding situs web. Karena blog sering di-up date, dan content-nya lebih segar.
Inilah salah satu kehebatan blog. Kita tidak perlu menjadi bagian dari insan media untuk memberitakan hal yang menarik. Cukup membuat blog! Pun kita bisa menyajikan berita-berita penting yang tidak diangkat media, tapi disukai banyak orang.


LANGKAH LANGKAH MEMBUAT BLOG
Membuat blog di blogger.com sangatlah mudah.
Sekarang saya akan tunjukan cara untuk membuat sebuah account baru di blogger.com, yang 100% gratis. Saya merekomendasikan anda untuk membuat blog di blogger.com karena program ini sangat didukung penuh oleh google, sehingga apabila kita membuat blog disini maka google akan cepat mengindeks blog kita. Alhasil blog kita akan muncul dihalaman pencari google.
  • LANGKAH KE-1 (GETTING STARTED)
Silahkan anda kunjungi website www.blogger.com
  • LANGKAH KE-2 (CREATE AN ACCOUNT)
Setelah page terbuka, silahkan anda klik CREATE AN ACCOUNT setelah anda klik, maka akan muncul form untuk mengisikan nama dan password. Silahkan isi dan anda harus selalu ingat username dan password yang anda isikan.
Jangan lupa untuk menceklist Term of service agreement.
Kemudian klik tombol panah "Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-3
  • LANGKAH KE-3 (NAME YOUR BLOG)
Bagian ini sangat penting, karena nama dari blog anda nantinya akan menjadi sebuah keyword.
TIPS: agar blog anda mudah terindex oleh search engine(mesin pencari), maka alangkah lebih bagusnya jika anda membuat sebuah kesamaan antara addres dan name dari blog anda!
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-4
  • LANGKAH KE-4 (CHOOSE YOUR BLOG TEMLATE)
Sekarang anda haya tinggal selangkah lagi untuk mempunyai webblog buatan sendiri!!!
Disini anda ditujukan untuk memilih warna dan bentuk dari web anda. Silahkan pilih sesuai dengan topic dan selera anda.
OK jika anda sudah selesai memilih template, sekarang kita akan lanjut ke langkah berikutnya.
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-5
  • LANGKAH KE-5 (GENERATE YOUR BLOG)
Sekarang blogger akan menciptakan blog anda. Setelah blog selesai dibuat, maka di browser anda akan ada tulisan "Your Blog Has Beeb Created" Klik start Posting untuk untuk membuat artikel/tulisan pertamamu.
Sekarang Isikan Judul artikel kamu pada kolom tile, dan tulis isi dari artikelmu di bawahnya!
SELAMAT!! sekarang anda sudah mempunyai blog sendiri dan sudah bisa dilihat dari penjuru dunia manapun :)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates