Jumat, 06 April 2012

KESAN MENGIKUTI KULIAH PTI


Pentingnya Teknologi Informasi dalam Pendidikan
Teknologi informasi serta Komunikasi dewasa ini berkembang cepat menurut deret ukur. Dari tahun ke bulan, dari bulan ke minggu, dari minggu ke hari, dari hari ke jam, dan dari jam ke detik! Oleh karena itulah para cerdik-cendekia khususnya guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi saat ini.
Masih banyak guru saat ini yang lemah terhadap penguasaan ICT/TIK seperti mengoperasikan komputer, internet, multi media dll. Dengan menguasai ICT/TIK ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh antara lain : Sebagai sumber dalam melengkapi bahan pembelajaran, sarana untuk mencari metode-metode mengajar, sarana dalam penyampaian materi pembelajaran, menambah daya tarik pembelajaran yang dilakukan. Oleh sebab itu guru yang profesional mutlak harus menguasai ICT/TIK sebagai penunjang pelaksanaan tugasnya.
Untuk itu kesan pertama mengikuti mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi di Progran Pasca sarjana STKIP Garut bisa dikatakan cukup menantang, karena banyaknya program dan aplikasi-aplikasi yang dipelajari sekaligus merupakan tugas setiap minggu yang harus di postingkan lewat blognya masing-masing. Dalam kegiatan perkuliahan, komunikasi dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara dosen dan mahasiswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.
Dengan adanya teknologi informasi sekarang ini guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.
Kesimpulannya, mengikuti kuliah Pengantar Teknologi Informasi pada Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pasca Sarjana STKIP Garut sangat berkesan sekali, karena sebagian besar mahasiswanya adalah berprofesi guru, maka diharapkan setelah mempelajari mata kuliah berbasis ICT, akan menjadi guru yang professional sesuai denga apa yang diharapkan oleh dunia pendidikan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates